blok ini di peruntukan bagi kita semua yang mau peduli dengan bahasa dan budaya bangsa

Selasa, 22 Maret 2011

KATA, FRASA, KLAUSA, dan KALIMAT

Keempat istilah yang menjadi judul tulisan ini sering membingungkan orang yang belum sempat mempelajari linguistik: termasuk saya. Definisi yang diperoleh pada KBBI seperti yang tercantum di bawah ini pun tidak menolong menyembuhkan kebingungan tersebut.
• Kata adalah satuan bahasa terkecil yang dapat berdiri sendiri.
• Frasa adalah gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif.
• Klausa adalah satuan gramatikal yang berupa kelompok kata, sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat dan berpotensi menjadi kalimat.
• Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa.
Jadi apa bedanya?
Dari definisi yang diberikan, terlihat bahwa urutan satuan tersebut, dari yang terkecil sampai yang terbesar, adalah (1) kata, (2) frasa, (3) klausa, dan (4) kalimat. Agar lebih jelas, ada baiknya kita bedah suatu contoh seperti di bawah ini.
Pejabat itu pernah mengatakan bahwa Indonesia dapat berperan aktif dalam perdamaian dunia.
Kalimat dan kata paling mudah dikenali. Contoh tersebut adalah satu kalimat yang relatif berdiri sendiri dan memiliki intonasi final. Kalimat tersebut tersusun dari 12 kata yang dikenali sebagai satuan yang dipisahkan oleh spasi.
Klausa dikenali dari bagian yang memiliki subjek dan predikat serta memiliki potensi menjadi kalimat. Kalimat itu memiliki 2 klausa yang dihubungkan dengan kata bahwa, yaitu (1) pejabat itu pernah mengatakan dan (2)Indonesia dapat berperan dalam perdamaian dunia.
Menguraikan frasa sedikit lebih sulit. Frasa paling sedikit harus terdiri dari dua kata dan tidak memiliki subjek-predikat. Kalimat tersebut memiliki 4 frasa: (1) pejabat itu, (2) pernah mengatakan, (3) dapat berperan aktif, (4)perdamaian dunia. Kata bahwa, Indonesia, dan dalam tidak dimasukkan dalam frasa karena memiliki fungsi sendiri dalam bentuk tunggal.
Pengertian Klausa
A. Dalam Bahasa Indonesia
Klausa merupakan tataran didalam sintaksis yang berada di atas tataran frase dan di bawah tataran kalimat. Dalam berbagai karya linguistik mungkin ada perbedaan konsep karena pengunaan teori analisis yang berbeda. Sebagaimana para ahli saling berbeda dalam mendefinisikan klausa. Di dalam makalah ini kami akan mencoba menghadirkan beberapa pengertian klausa menurut para ahli, sebagai penambah wawasan kita:
• badudu
klausa adalah sebuah kalimat yang merupakan bagian daripada kalimat yang lebih besar
• Prof. Drs. M. Ramlan
klausa adalah satuan gramatik yang terdiri dari P (predika), baik disertai oleh S (subjek), O (objek), Pel(aku), dan ket(erangan) ataupun tidak.
• Jos Daniel Parere
Klausa adalah sebuah kalimat yang memenuhi salah satu pola dasar kalimat inti dengan dua atau lebih unsur pusat.
• Kridalaksana
Klausa adalah satuan gramatik berupa kelompok kata yang sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat dan mempunyai potensi untuk menjadi kalimat.
• Tarigan
Klausa adalah kelompok kata yang hanya mengandung satu predikat (p).
Pada pengertian-pengertian klausa yang dikemukakan para ahli diatas, kita bisa membandingkan antara satu pengertian dengan pengertian lainnya. Badudu mengatakan bahwa kalau klausa dilepaskan dari kalimat, maka bagian yang dipisahkan masih nampak sebagai kalimat. Antara pengertian yang dikemukakan Ramlan dengan Parere memiliki titik perbedaan. Pada definisi yang dikemukakan Ramlan jabatan predikat sebagai unsur kalimat sangat menentukan, sedangkan menurut Parere, kalimat yang dianggap klausa haruslah memenuhi salah satu dasar pola kalimat inti. Dengan demikian, satuan melompat bukanlah klausa menurut Parere tapi, menurut Ramlan merupakan sebuah klausa.
Pengertian-pengertian yang dikemukakan para ahli memang sedikit berbeda namun, kita masih dapat menarik benang merah dari definisi-definisi diatas, yaitu klausa adalah satuan gramatik yang bersifar predikatif. Berikut kami sediakan contoh :
• Nenek mandi
Contoh diatas merupakan sebuah kluasa sebab bersifat predikatif. Namun, akan timbul kembali pertanyaan, kalau begitu apa perbedaan klausa dengan kalimat? Abdul Chaer dalam bukunya yang berjudul linguistic umum menjelaskan, bahwa sebuah konstruksi disebut kalimat kalau kepada konstruksi itu diberikan intonasi final atau intonasi kalimat (Abdul Chaer : 2007).

Selasa, 08 Maret 2011

TEKS LAGU JAWA

Lanc KUWI APA KUWI Lrs Pl pt Barang

∙ ∙ @ # 6 7 @ # ∙ ∙ 6 & 6 3 2 u
1 Ku wi a pa ku wi e kem bang e mla thi
2 Ku wi a pa ku wi e kem bang e me nur
3 Ku wi a pa ku wi e kem bang e jam bu
4 Ku wi a pa ku wi e kembang e tu ri

∙ ∙ 5 6 6 6 & z5x x x x x c6 ∙ 2 u 3 2 u y
1 Sing tak pu ja pu ji a ja dha korupsi
2 Sing tak pu ja pu ji mbok ya pa dha ju jur
3 Sing tak pu ja pu ji a yo dha ber satu
4 Sing tak pu ja pu ji ku du dha me metri

∙ ∙ 2 3 2 6 5 3 ∙ ∙ 6 & 6 3 2 u
1 Marga yen korupsi ne ga ra ne rugi
2 A mar ga yen ju jur ne ga ra ne makmur
3 Marga yen bersatu ne ga ra ne ma ju
4 A mu rih les ta ri ka bu da yan jawi

∙ ∙ 5 6 6 ∙ & z5x x xxxxx x xx c6 j∙3 j56& j∙# j@#j@7 6
1 Pi ye mas pi ye a ja ngo na ngono ngono ku wi
2 Pi ye mas pi ye i ya ngo na ngono ngono ku wi
3 Pi ye mas pi ye a lah ngo na ngono ngono ku wi
4 Pi ye mas pi ye i ya ngo na ngono ngono ku wi



Lanc GUNDHUL2 PACUL Lrs Pl pt Br

∙ ∙ 3 5 3 5 6 & & ∙ @ z#x x x x x c@ z#x c@ &
Gundhul gundhul pacul cul gem be leng an

∙ ∙ 3 5 3 5 6 & & ∙ @ z#x x x x x c@ z#x c@ & Nyunggi nyunggi wakul kul gem be leng an

∙ 3 ∙ 5 ∙ & ∙ 6 5 & 6 5 & 6 5 3
Wa kul ngglim pang se ga ne da di sak la tar

∙ 3 ∙ 5 ∙ & ∙ 6 5 & 6 5 & 6 5 3
Wa kul ngglim pang se ga ne da di sak la tar










Lanc SUWE ORA JAMU Lrs Pl pt Nem

∙ ∙ j123 3 1 2 3 ∙ ∙ 1 2 2 3 1 2
Suwe o ra ja mu jamu godhong te la
Suwe o ra ja mu jamu godhong ka tes
Suwe o ra ja mu jamu godhong meniran
Suwe o ra ja mu jamu te mu i reng

∙ ∙ 3 5 5 6 6 5 j555 5 5 j442 1 6
Suwe ora ketemu ketemu pisan gawe gela
Suwe ora ketemu ketemu pisan ora bares
Suwe ora ketemu ketemu pisan dadi pikiran
Suwe ora ketemu ketemu pisan atine seneng










Lanc SERAYU Lrs Pl pt Nem

∙ ∙ 1 5 ∙ 6 5 3 ∙ 2 1 5 ∙ 4 2 1
A duh se ge re ba nyu ne ing sendang

∙ ∙ 1 5 ∙ 6 5 3 ∙ 2 1 5 ∙ 4 2 1
I lang ke se le wis ma ri ra mriyang

∙ ∙ ! ! ∙ @ # ! ∙ ∙ 6 5 j556 4 5
Ba nyu ne bening kanggo nyenyeger ati

∙ ∙ 6 4 4 2 4 5 ∙ 6 5 3 ∙ 2 3 1
U ger o ra la li ing wajib kang mesthi








Lanc GUGUR GUNUNG Lrs Pl pt Barang

@ & @ & @ & @ & 3 5 6 7 # @ 7 6
A yo kan ca a yo kanca ngayah i kar ya ning pra ja
pi pa pi pa

@ # @ # @ # @ # @ 7 6 5 6 2 5 3
Kene kene kene kene gugur gunung tandang gawe

∙ ∙ 5 6 6 6 6 6 2 3 5 6 5 7 6 5
Sayuk sayuk rukun be barengan ro kancane

∙ ∙ 2 3 3 3 3 3 5 6 7 5 6 5 3 2
Li la lan legawa kanggo mulya ne ne ga ra

@ & @ & @ & @ & ∙ ∙ 3 5 6 6 6 6
Si ji lo ro te lu papat ma ju pa pat pa pat
pi pa pi pa

∙ # 6 7 6 # @ # @ 7 6 5 3 3 3 3
Di u lang u lung a ke mes thi enggal rampung e

∙ 6 6 6 6 6 6 6 ∙ 5 5 5 5 5 5 5
Ho lo bis kun tul ba ris ho lo bis kun tul bar is

∙ 3 3 3 3 3 3 3 ∙ 6 7 5 2 2 2 2
Ho lo bis kun tul ba ris ho lo bis kun tul bar is


Lanc WITING KLAPA Lrs Pl pt Barang

∙ ∙ ∙ ∙ 5 6 5 3 5 3 5 6 7 3 2 u
1 Witing kla pa ja wa ta ing ngar ca pa da
2 Sekar kawis ci nam pur sekar melathi

∙ ∙ ∙ ∙ y u 2 3 ∙ 5 ∙ 6 ∙ z@x c7 6
1 Sak lu gu ne wong wa ni ta
2 Dha sar manis me rak a ti

∙ ∙ 3 5 3 6 ∙ ∙ 7 7 7 7 6 5 6 7
Dhasar nyata kula sampun njajah praja
Adhuh Gusti sun rewangi pa ti ge ni

∙ 6 7 z@x x x x x x c# z6x c5 3 ∙ z6x c7 5 ∙ j653 2
Ing Nga yog ja Su ra kar ta
Pi tung ndi na pi tung mbeng i




Lagu KICIR-KICIR Lrs Pelog

∙ ∙ ∙ ∙ 5 5 7 5 ∙ ∙ ∙ 4 5 6 5 4
1 Kicir-kicir i- ni la-gu-nya
2 Kucing-kurus man- di di- la-ut
3 Jalan-jalan di- kota Semarang
4 Mana-ada su- mur di-ladang

∙ ∙ ∙ ∙ 4 5 6 7 j∙3 3 3 ∙ j335 4 3
1 Lagu-lama ya tu an dari Jakarta
2 Mandi-dipadang papan di kayu jati
3 Sapu-tangan ya tu an jatuh dilumpur
4 Bolekah-saya ya tu an menumpang mandi

∙ ∙ ∙ ∙ j333 4 5 j∙1 1 1 ∙ j113 2 1
1 Saya menyanyi menyanyi memang sengaja
2 Badan kurus ya bukan kuranglah makan
3 Kekasihku pergi selalu selalu terbayang
4 Kalau ada umurku umurku pan-jang

∙ ∙ ∙ ∙ j112 3 4 ∙ ∙ ∙ 3 4 2 1 u
1 Untuk menghibur ha- ti yg du ka
2 Memikirkan si jantung hati
3 Lupa sebentar di waktu ti dur
4 Kapan kapan ber jumpa la gi

Lagu JAMU JAWA Lrs Pl pt Nem

∙ ∙ ∙ ∙ ! ! @ ! @ ! @ ! # @ ! 6
Pancennyata ka si at e ja mu ja wa

∙ ∙ ∙ ∙ 5 3 5 6 ∙ 5 6 ∙ 5 3 5 6
Godhong kates bi sa ga we e thes

∙ ∙ ∙ ∙ 6 5 3 2 3 2 1 y 1 3 1 2
Cabe puyang awakmriang bi sa i lang

∙ ∙ ∙ ∙ 2 3 5 6 ∙ 5 6 ∙ 5 3 5 6
Temu i reng tamba la ra weteng

∙ ∙ ∙ ∙ 6 5 3 2 3 2 1 y 1 3 1 2
Sirah puyeng a ti su sah da di seneng

∙ ∙ 2 3 2 3 5 6 ∙ ∙ ! @ # ! 6 5
A das pu la wa ras bi sa gawe sa ras

∙ ! ∙ 6 ∙ ! ∙ 5 j∙5 6 5 4 2 4 6 5
Ja mu ja wa pranyata da di u sa da






Lagu MENTHOG-MENTHOG Lrs Pl pt Nem

Menthog - Menthog :

∙ ∙ 6 6 ∙ ∙ 6 6 ∙ ∙ 5 z3x x x x x x c5 z5x c6 6
Menthog menthog tak kan dha ni

∙ z@x c# z!x x x x x x c@ z6x c5 z3x x x x x c6 ∙ 6 ! @ ! 6 5
Mung ru pa mu a ngi si ni si ni

5 5 2 z3x x x x x x c5 z5x c6 6 6 6 5 4 ∙ 6 ∙ 5
mbokya a ja nge tok a na kandhang wa e

5 5 2 z3x x x x x x c5 z5x c6 6 6 6 5 4 ∙ 6 ∙ 5
Enak e nak ngo rok o ra nyambut ga we

∙ ∙ 2 2 ∙ ∙ 2 2 ∙ ∙ 2 3 5 5 6 6
Menthog menthog mung la ku mu

∙ @ # z!x x x x x x c@ z6x c5 z3x x x x x c6 ∙ 6 5 ∙ 3 ∙ 2
Me gal me gol ga we gu yu




Kupu Kuwi :

∙ ∙ 5 z3x x x x x x c5 z5x c6 6 ∙ ! ∙ z6x x x xx x x c! ! @ @
Ku pu ku wi tak en cup e

∙ z@x c# @ ∙ ! ∙ 6 ∙ z@x c# ! ∙ 6 ∙ 5
Mung i ber e nge wu a ke

∙ ∙ # # ∙ ∙ @ @ ∙ ∙ ! ! 6 3 5 6
Nga lor ngi dul nge tan ba li ngu lon

∙ ∙ @ @ ∙ ∙ # ! ∙ ∙ 6 5 5 6 6 5
Mra na mre ne mung se pa ran pa ran

∙ ∙ 2 3 5 5 6 6 ∙ ∙ 5 4 ∙ 6 ∙ 5
Sa pa bi sa ngen cup a ke

5 5 2 z3x x x x x x c5 z5x c6 6 @ ! 6 5 ∙ 3 ∙ 2
Bu bar men clok clegrok mabur bali ma neh







Lanc KUWI APA KUWI Lrs Pl pt Barang

∙ ∙ @ # 6 7 @ # ∙ ∙ 6 & 6 3 2 u
1 Ku wi a pa ku wi e kem bang e mla thi
2 Ku wi a pa ku wi e kem bang e me nur
3 Ku wi a pa ku wi e kem bang e jam bu
4 Ku wi a pa ku wi e kembang e tu ri

∙ ∙ 5 6 6 6 & z5x x x x x c6 ∙ 2 u 3 2 u y
1 Sing tak pu ja pu ji a ja dha korupsi
2 Sing tak pu ja pu ji mbok ya pa dha ju jur
3 Sing tak pu ja pu ji a yo dha ber satu
4 Sing tak pu ja pu ji ku du dha me metri

∙ ∙ 2 3 2 6 5 3 ∙ ∙ 6 & 6 3 2 u
1 Marga yen korupsi ne ga ra ne rugi
2 A mar ga yen ju jur ne ga ra ne makmur 3 Marga yen bersatu ne ga ra ne ma ju
4 A mu rih les ta ri ka bu da yan jawi

∙ ∙ 5 6 6 ∙ & z5x x xxxxx x xx c6 j∙3 j56& j∙# j@#j@7 6
1 Pi ye mas pi ye a ja ngo na ngono ngono ku wi
2 Pi ye mas pi ye i ya ngo na ngono ngono ku wi
3 Pi ye mas pi ye a lah ngo na ngono ngono ku wi
4 Pi ye mas pi ye i ya ngo na ngono ngono ku wi


Lanc GULA KLAPA Lrs Pl pt Nem

∙ ∙ ∙ ∙ j∙! ! j∙! ! j∙# # j∙! @ zj@c#! 6 5
Gula klapa abang putih mung rong warna
Gula klapa kumle beting ngan tariksa

∙ ∙ ∙ ∙ j∙! ! j∙! ! j∙# # j∙! @ zj@c#! 6 5
Gula klapa pralam banging para muda
Gula klapa yek ti minang kapra tanda

j∙5 5 j∙! 6 j∙5 3 j∙2 1 j∙1 2 j∙3 5 jz5c63 2 1
Watak kendel kuli nakna budi a sor sing kirana
Sagung rakyat Indonesia gu molong wus nunggal karsa

j∙5 5 j∙5 5 j∙6 4 j∙6 5 zj6c56 ! @ jz@c#! 6 5
Nulad a da rah pan dhawa tu me men la buh ne ga ra
A de dasar Pancasi la tuhu kayo man ywang sukma






Lanc MARI KANGEN Lrs Pl pt Nem

∙ ∙ ∙ 1 j∙5 6 j∙2 1 j∙5 j66j66j61 j∙6 1 j∙5 5
E jebul kae sing tak anti anti wus te ka mrene

∙ ∙ ∙ 3 j∙1 2 j∙5 3 j∙1 2 j∙2 2 j62j15j655
Wis rada suwe ba bar pi san ora krungu kabare

∙ ∙ j231 j∙2 5 j∙6 2 ∙ ∙ j235 j∙6 2 j∙1 6
Sajak e rada lalen mung tansah dadi impen

j∙2 1 j∙2 5 j∙6 1 j∙2 6 j∙2 1 j∙2 5 j∙6 1 j∙2 6
Yen pi nu ju ngget la thi e seme a merak ati

∙ ∙ ∙ 6 j∙1 5 j∙6 2 j∙2 6 j∙1 5 j∙1 6 j∙5 2
E ma ri kangen muga mu ga tansah tegen

∙ ∙ j615 j∙5 jz3c5jz3c21 j∙3 jz2c1jz6c12 jz2c31 jz1c6 5
Atiku dadi tentrem a mulat ne tra kang tajem

j∙5 5 j∙5 5 j∙5 jz3c5jz3c21 j∙3 jz2c1zj6c12 jz2c31 6 5
Mari kangen mu lat si ra ne tra ta jem tyas jat mi ka



Lanc AJA LAMIS Lrs Pl pt Nem

∙ ∙ jx!x@j## j∙# # j∙@ j!! j∙! @ j∙6 5 zj3c56 j∙5 3
Aja sok gampang janji wong manis yenta amung lamis

∙ ∙ j∙1 j22 j∙2 2 j∙3 j55 j∙5 6 j∙5 6 j123 j∙2 1
Be cik a lu wung pra saja nimas o ra agawe cu wa

∙ ∙ zj!c@j## j∙# # j∙@ j!! ! @ j∙6 5 jz3c56 j∙5 3
Tan sah ngugemi tresna mu wingi jebul amung la mis

∙ ∙ j∙1 j22 j∙2 2 j∙3 jj55 jj∙5 6 j∙2 1 3 2 j∙1 y
Kaya ngen te ni thu kuling jamur ingmang sa ke ti ga

∙ ∙ ∙ ∙ j∙y 2 j∙1 j33 j∙3 3 j∙2 j35 j∙5 6 j∙5 3
A ku iki pra sa sat laratan antuk jam pi

∙ ∙ ∙ ∙ j656 j@#j!! j∙# j@@j∙! j66 j∙5 4 j∙6 5
Mbok aja amunglamis kang uwis dadine banjur didis

∙ ∙ jz!c@j## j∙# # j∙@ j!! ! @ j∙6 5 zj3c56 j∙5 3
A kehtu ladha kangdhemen cidra uri pe re ka sa

∙ ∙ j∙1 j22 j∙2 2 j∙3 j55 j∙5 6 j∙2 1 j∙3 2 j∙1 y
Milihsa wiji endi kang suci tanggung bisa mukti
Lagu NGUNDHA LAYANGAN Lrs Pl Nem

∙ ∙ ∙ 5 ∙ ∙ 4 5 ∙ ∙ 6 ! ∙ ∙ @ !
Del nde del ka e mum bul

∙ ∙ ∙ ! @ # @ ! @ # @ ! @ # @ !
Lah layangane mancawarna dhapukane

∙ ∙ ∙ 5 ∙ ∙ 4 5 ∙ ∙ 6 ! ∙ ∙ @ !
Del nde del ka e mu luk

∙ ∙ ∙ ! @ # @ ! @ # @ ! 6 5 4 5
Wah layangane warna-warna pu la san e

∙ 5 ! 6 5 3 2 1 ∙ 1 1 y 1 2 3 1 post
Bat to bat becik e lah a ku gu mun

∙ ∙ 5 5 ∙ ∙ 6 4 ∙ ∙ 5 3 ∙ ∙ 2 1
Ka ya ku pu lan sa te lit

∙ ∙ 5 5 ∙ ∙ 6 4 ∙ ∙ 5 3 ∙ ∙ 2 1
Se ku ter na ga lan kin jeng

∙ ! @ # # @ # ! ∙ 6 ! 6 ! 6 5 5
Kae mon tor e ma bur je jer ja ran sembrani

∙ ∙ ∙ ∙ 6 2 3 5 ∙ ∙ 4 5 6 ∙ 4 5
A ja nyangkut ba reng wa e

∙ ∙ ! 6 ∙ ∙ 5 5 ∙ 5 ! 6 5 3 2 1
Di men a wet o ra pe dhot benange
Lagu PRAHU LAYAR Lrs Pl pt Nem

∙ ∙ ∙ ∙ ∙ ∙ ∙ 5 5 5 5 5 5 ! 6 5
Ya kanca neng gisik gembira

∙ ∙ ∙ ∙ j565 3 2 ∙ 5 ∙ ∙ j353 2 1
Alerab lerab ba nyune segara

∙ ∙ ∙ ∙ ∙ ∙ ∙ 5 5 5 5 5 5 ! 6 5
Ang gli yak numpak prau layar

∙ ∙ ∙ ∙ j565 3 2 ∙ 5 ∙ ∙ j353 2 1
Ing dina minggu keh pariwisata

∙ ∙ ∙ ∙ ∙ 7 ∙ ! ∙ @ 5 5 ∙ 6 ! !
A lon pra u ne wus nengah

∙ ∙ ∙ ! @ ! @ ! @ 5 ∙ ! ∙ @ # @
Pyah pyuh pyah ba nyu binelah

∙ ∙ # @ # @ # @ ∙ ! ∙ ! ! @ 7 !
O ra jemu jemu ka ro mesem ngguyu

∙ ∙ ∙ ! ∙ @ 7 ! ∙ @ 7 ! ∙ @ 7 !
Ngi lang a ke ra sa lung krah lesu

∙ ∙ ∙ ! ∙ ! 6 j55 ∙ ∙ 4 5 ∙ 6 4 5
A dhik njawil mas je bul wis so re

∙ ∙ ∙ ∙ j565 3 2 ∙ 5 ∙ ∙ j353 2 1
Witing kalapa ka ton ngawe awe

∙ ∙ ∙ 2 ∙ 3 1 2 ∙ 3 1 2 ∙ 3 1 2
Pra yo ga ne be cik ba li wa e

∙ 6 6 ∙ 6 5 6 ! ∙ @ # ! 5 5 5 5
De ne sesuk esuk tumandang nyambut gawe












Ldr NUSANTARA Lrs Pl pt Nem

∙ ∙ ∙ ∙ 1 2 1 y y ∙ 2 1 1 ∙ 6 5
Wus mesthine ca pan te se padha

∙ ∙ ∙ ∙ 1 2 1 y y ∙ 2 z4x x x x x c5 ∙ 5 5
Angrung kepi ca la ku darma

∙ ∙ ∙ ∙ ! @ ! 6 6 ∙ 3 z5x x x x x x∙x x c3 2 2
Bekti sungkem mring nu sa Bangsa

3 5 6 z5x x x x x x cj621 y y ∙ ∙ 2 1 1 ∙ y t
Tunggal cipta tunggal sedya wong sa Negara

∙ ∙ ∙ ! ∙ ∙ 5 6 ! 5 6 ! ∙ ∙ @ 5
Mbe lah me ga mendhung tumiyung

∙ ∙ @ ! ∙ z6x c5 6 ! 5 6 ! ∙ ∙ 5 5
Mugi mugi an tu ka pe padhang

∙ @ # ! ∙ z6x c5 6 3 ∙ 6 z5x x x x x x∙x x c3 2 2
Ing Nuswan ta ra ka lis ru be da

∙ ∙ 3 z5x x x x x x c6 2 1 y ∙ t 1 y jz2c31 y t
Ha mar dikengrat lu lus tata raharja
Lagu SARSUR KULONAN Lrs Sl pt Sanga


∙ 5 5 x6x x xx x x x x! x6x x 5 5 ∙ x2x x x1 ∙ 1 2 3 5
Sar sur ku lon an Mak mak ge mak e

6 6 6 ∙ 6 ! 6 5 6 6 6 ∙ 6 ! 6 5
re te te tak o yak e Re te te tak o yak e

∙ @ ∙ ! ∙ 5 ∙ 2 ∙ 5 ∙ 3 ∙ 2 ∙ 1
yen ke can dhak Kang go ngga we

∙ ∙ 1 y 1 2 3 x2x x xxx x5x x x 3 1 y 1 2 3 2
da di mes thi ma ti Da di mes thi ma ti

∙ 5 ∙ 3 ∙ 1 ∙ y ∙ 2 ∙ x3x x x x x x x1 y ∙ t
tak be dhil e Mi mis we si

∙ 5 j ∙5 5 5 5 ∙ 1 ∙ 5 j ∙5 5 5 5 ∙ 1
tong trong tong2 tong grul tong trong tong2 tong grul

orang ndeso


orang ndeso masuk kuto

Rabu, 02 Maret 2011

prediksi soal ujian bahasa indonesia 2011

1. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!





Simpulan isi paragraf di atas adalah …
A. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya memerintahkan seluruh jajarannya untuk menindak pelaku.
B. Pengguna kendaraan yang memodifikasi pelat nomor kendaraannya akan ditindak dan dikenai sanksi.
C. Modifikasi pelat nomor kendaraan dilakukan untuk memudahkan mengingat nonor kendaraan.
D. Penggabungan nomor dan huruf itu dilarang oleh Undang- Undang Nomor 22 tahun 2009.
E. Modifikasi seperti B 900 GLE menjadi B 900GLE dilarang oleh undang-undang.

2. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!




Informasi tersirat yang terdapat dalam paragraf di atas adalah …
A. Banyak anak berusia 7 – 12 tahun berlatih bola di sudut sebelah kiri lapangan Hoki Senayan, Jakarta.
B. Sebanyak 40 anak laki-laki berusia 13 – 15, belajar mengocek bola dengan dengan pelatih.
C. Pelatih memerintahkan anak-anak untuk berjalan, menendang, dan pemperhatikan gawang lawan.
D. Sekitar tujuh puluh anak usia sekolah sedang berlatih bola di lapangan hoki, Senayan, Jakarta.
E. Pelatih meminta kepada orang tua untuk selalu menemani anaknya yang akan berlatih di lapangan.

3. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!

.




Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ….
A. kenaikan harga produk
B. persentase kenaikan harga
C. komoditas bahan baku
D. harga produk dalam negeri.
E. prediksi kenaikan harga.

4. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!

.



Paragraf tersebut berisi laporan tentang ….
A. perjalanan
B. pengamatan
C. kegiatan
D. peristiwa
E. penelitian

5. Cermati paragraf berikut!






Kalimat yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah …
A. Namun hingga kini kepedulian itu belum dirasakan masyarakat.
B. Kondisi ini menjadi masukan bagi pemerintah untuk masa yang akan datang.
C. Kebutuhan pokok sangat diperlukan masyarakat.
D. Kepedulian pemerintah adalah bukti bahwa rakyat diperhatikan.
E. Salah satu di antaranya adalah penurunan harga.

6. Cermati paragraf berikut!







Tanggapan negatif terhadap isi paragraf tersebut adalah …
A. Pemerintah tidak melarang impor selama kegiatan dilengkapi dengan dokumen yang sah.
B. Tertahannya 3 kontainer jeroan sapi impor tidak terlepas dari tanggung jawab eksportir.
C. Pemerintah tidak perlu melarang impor jeroan sapi karena masyarakat masih membutuhkan.
D. Kegiatan ekspor-impor seluruh komoditi hendanya dilengkapi dengan dokumen yang diperlukan.
E. Ke-55 kontainer komoditi impor itu tidak akan ditahan jika memiliki dokumen yang sah.

7. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!







\\\


Kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Mengapa Okto dan Ruben absen pada pertandingan uji coba tersebut?
B. Bagaimana strategi yang digunakan pelatih Alfred Riedl?
C. Apakah Okto dan Ruben berasal dari suku yang sama?
D. Mengapa status warga negara dijadikan acuan dalam Timnas?
E. Bilakah pertandingan uji coba akan dilaksanakan?

8. Bacalah biografi di bawah ini dengan cermat!








Pernyataan yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …
A. Jabatan Ketua Umum Pengda PSSI Bojonegoro pernah ditinggalkannya.
B. Ia memiliki tiga anak laki-laki dan seorang cucu.
C. Menurut Taufik, olahragawan harus bermental jujur, rajin, dan tegas.
D. Di usia 45 tahun ia masih menjabat Kepala Komando Distrik Militer.
E. Taufik Risnendar menyelesaikan Akademi Militer pada usia 23 tahun.

9. Bacalah petunjuk kerja di bawah ini dengan saksama!










Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi petunjuk kerja tersebut adalah …
A. Dibutuhkan waktu tujuh jam untuk membuat kerupuk ampas tahu.
B. Pembentukan/pemotongan kerupuk dilakukan setelah penjemuran.
C. Merebus adonan setelah bumbu merata.
D. Tepung tapioka diperlukan untuk membuat kerupuk.
E. Kerupuk dibentuk sesuai selera pembuat.

10. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!

GRAFIK NILAI IMPOR PUPUK
(Juta US$)



Pernyataan yang sesuai dengan data grafik tersebut adalah …
A. Tahun 2009 nilai impor pupuk sebesar 840 juta US$.
B. Selama empat tahun nilai impor pupuk di atas 1000 juta US$.
C. Nilai impor mengalami kenaikan secara signifikan pada 2008.
D. Selama dua tahun nilai impor pupuk di bawah 1000 juta US$.
E. Terjadi kenaikan nilai impor pupuk lebih dari 50% pada 2008.

11. Cermati matriks berikut!














Pernyataan yang sesuai dengan matriks di atas adalah …
A. Kawasan Kelapa Gading dan Daan Mogot berada di wilayah Jakarta Utara.
B. Sebanyak 45 kawasan parkir liar di wilayah DKI Jakarta.
C. Masih ada empat kawasan parkir liar yang tidak tertera dalam matriks.
D. Kawasan Jalan Yos Sudarso dan Jalan Melawai Raya tidak ditemui parkir liar.
E. Wilayah yang memiliki kawasan parkir liar terbanyak adalah Jakarta Pusat.

12. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!






Kata berimbuhan pe-an yang bermakna proses dalam paragraf tersebut adalah ....
A. kepenatan
B. penyegaran
C. perumahan
D. perkotaan
E. perjuangan

13. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!





Kalimat yang mengalami penyempitan makna (spesialisasi) pada paragraf tersebut adalah ....
A. sarjana
B. tajam
C. asisten
D. bapak
E. ibu

14. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!









Makna istilah limbah dan mobilitas yang terdapat dalam paragraf di atas adalah ….
A. sisa proses produksi; gerakan berpindah
B. hasil sisa produksi; pergerakan
C. hasil kegiatan produksi; perjalanan
D. sisa industri; perpindahan
E. sisa proses pembangunan; gerakan


15. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!







Kalimat tanya konfirmasi yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …
A. Bagaimana mekanisme terbentuknya kanker hati?
B. Kapan kanker hati dapat menyerang seseorang dengan kegemukan tertentu?
C. Mengapa penyakit kanker hati perlu dihindari semua orang saat ini?
D. Benarkah kegemukan berkaitan dengan kebiasaan hidup tidak sehat?
E. Benarkah tumpukan lemak di hati memicu mekanisme terbentuknya kanker hati?
16. Bacalah kalimat di bawah ini dengan cermat!




Kata yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A. anarki
B. anarkis
C. anarkistis
D. anarkisme
E. anarkismistis

17. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!









Jenis paragraf tersebut adalah....
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. argumentasi
E. persuasi








18. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!








Kalimat tidak efektif yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (2) dan (4)
E. (4) dan (5)

19. Bacalah dengan cermat kalimat-kalimat di bawah ini!











Urutan yang tepat jika kalimat-kalimat di atas disusun secara deduktif adalah …
A. (5), (2), (4), (6), (1), (3)
B. (5), (6), (1), (3), (2), (4)
C. (5), (2), (3), (4), (6), (1)
D. (5), (3), (4), (6), (1), (2)
E. (5), (3), (2), (4), (6), (1)

20. Bacalah dengan cermat teks berikut ini!










Kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat ditandai dengan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (5)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

21. Cermatilah judul proposal dan jenis kegiatan proposal berikut ini!







Jenis kegiatan yang tidak sesuai dengan dengan judul proposal ditandai dengan
nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

22. Bacalah dengan cermat penggalan bagian proposal penelitian berikut ini!





Penggalan proposal di atas merupakan bagian ....
A. alasan penelitian
B. sampel penelitian
C. tujuan penelitian
D. metode penelitian
E. latar belakang penelitian

23. Bacalah penggalan latar belakang proposal berikut ini!








Berdasarkan penggalan latar belakang di atas maka tujuan proposal tersebut adalah ....
A. perlu adanya mading di SMK Lantip Nian
B. mengembangkan kreativitas siswa lewat mading
C. menambah informasi bagi siswa SMK lantip Nian
D. mading sebagai wadah kompetisi intelektual
E. mading harus terbit setaip awal bulan

24. Perhatikan penulisan berikut ini dengan cermat!





Berdasarkan data di atas penulisan nomor, lampiran, dan hal surat yang tepat adalah ....

A. Nomor : 31/OSIS SMK Lantip Nian/2011
Lampiran : 1 berkas
Hal : Permohonan Sumbangan Dana

B. Nomor : 31/OSIS SMK Lantip Nian/2011
Lampiran : Satu Berkas
Hal : Permohonan Sumbangan Dana

C. Nomor : 31/OSIS SMK Lantip Nian/2011
Lampiran : 1 (satu) berkas
Hal : Permohonan Sumbangan Dana

D. Nomor : 31/OSIS SMK Lantip Nian/2011
Lampiran : Satu berkas
Hal : Permohonan Sumbangan Dana

E. Nomor : 31/OSIS SMK Lantip Nian/2011
Lampiran : Satu berkas
Hal : Permohonan sumbangan dana


25. . Bacalah dengan cermat penggalan surat permohonan izin berikut!





Kalimat penutup yang tepat untuk surat permohonan izin di atas ialah ...
A. Atas pemberian izin untuk siswa kelas XII, kami ucapkan terima kasih.
B. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru, kami ucapkan kerima kasih.
C. Sekian, atas izin Bapak/Ibu guru kami ucapkan banyak terima kasih
D. Atas kerja sama dari Bapak/Ibu Guru, kami ucapkan terima kasih.
E. Demikian permohonan izin kami, terima kasih sebelumnya.





26. Bacalah penggalan surat berikut!









Teks di atas adalah penggalan surat ….
A. pengantar
B. tugas
C. undangan keluarga
D. undangan kedinasan
E. pemberitahuan

27. Bacalah penggalan pengumuman penerimaan tenaga kerja berikut ini!



Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan pengumuman di atas adalah…
A. Menindaklanjuti pengumuman di perusahaan yang Bapak pimpin, …
B. Menjawab pengumuman di perusahaan yang Bapak pimpin, …
C. Setelah membaca pengumuman di perusahaan yang Bapak pimpin, …
D. Berdasarkan pengumuman di perusahaan yang Bapak pimpin ,…
E. Membalas pengumuman di perusahaan yang Bapak pimpin, ….

28. Bacalah penggalan surat berikut dengan cermat!






Inti penggalan surat berita keluarga di atas adalah ....
A. minta kiriman uang
B. pembayaran ujian
C. pemberitahuan adanya ujian
D. pemberitahuan adanya belajar tambahan
E. pembelian buku kumpulan soal



29. Bacalah penggalan surat perjanjian jual beli berikut ini!





Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi surat perjanjian jual beli di atas adalah…
A. Harga rumah Rp 200.000.000,00 sudah termasuk harga pekarangannya.
B. Harga rumah belum termasuk biaya balik nama dan tidak diangsur.
C. Pihak I menjual rumah yang terletak di Perumahan Graha Permai.
D. Luas tanah lebih luas daripada luas rumah/luas bangunan.
E. Pembayaran dilunasi dalam jangka waktu 1 tahun/ 12 bulan.
30. Bacalah dengan cermat penggalan surat kuasa berikut ini!







Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat kuasa tersebut adalah …
A. Untuk menjualkan 1 kubik kayu jati berkualitas.
B. Untuk mengambil 10 batang besi beton.
C. Untuk mengambil pesanan berupa 1 kg paku ukuran 7 cm.
D. Untuk mengambil sertifikat tanah atas nama Andreas di BPN DKI Jakarta.
E. Untuk menandatangani daftar hadir rapat pemegang saham.

31. Cermatilah catatan hasil rapat berikut ini!




Kalimat hasil rapat yang berupa saran ditandai dengan nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)

32. Bacalah sistematika penulisan proposal kegiatan berikut ini yang disusun secara acak!




Sistematika penulisan proposal yang tepat ditandai dengan nomor ....
A. (1), (5), (4), (2), (6), (3)
B. (1), (4), (5), (2), (6), (3)
C. (4), (2), (5), (1), (6), (3)
D. (4), (5), (1), (6), (2), (3)
E. (5), (4), (1), (2), (6), (3)
33. Cermatilah data buku berikut ini!







Panulisan catatan kaki yang tepat untuk data buku di atas ialah ....
A. dr. Ang Swee Chai, 2010, From Beirut to Jerusalem (Bandung: Mizan), hlm. 50.
B. dr. Ang Swee Chai, From Beirut to Jerusalem (Mizan: Bandung, 2010), hlm. 50.
C. Chai, Ang Swee, From Beirut to Jerusalem (Bandung: Mizan, 2010), hlm. 50.
D. dr. Ang Swee Chai, From Beirut to Jerusalem (Bandung: Mizan, 2010), hlm. 50.
E. dr. Ang Swee Chai, From Beirut to Jerusalem, Bandung, Mizan, 2010, hlm. 50.

34. Bacalah dengan cermat penggalan laporan penelitian berikut!






Penggalan laporan di atas merupakan bagian....
A. latar belakang
B. simpulan
C. isi laporan
D. ruang lingkup
E. metode perolehan data

35. Bacalah penggalan kata pengantar berikut ini!





Inti penggalan kata pengantar di atas adalah ...
A. Kesabaran Bapak dan Ibu dalam membimbing penulis.
B. Karya tulisnya dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
C. Ucapan terima kasih penulis kepada pembimbing karya tulis.
D. Penulis mengalami kesulitan dalam pembuatan karya tulis.
E. Masalah teknis dan bahasa menjadi kendala bagi penulis.

36. Bacalah dengan cermat ilustrasi berikut ini!





Kalimat pengumuman yang benar berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A. Berhubung lahan parkir sempit maka kalian siswa SMK Megaria yang bawa motor harus parkir di halaman belakang bengkel sesuai jurusannya.
B. Ditujukan kepada siswa SMK Megaria yang membawa motor diharapkan agar supaya memarkirkannya di halaman belakang bengkel masing-masing.
C. Pengumuman untuk siswa SMK Megaria agar parkir di belakang bengkel masing-masing motor yang dibawa.
D. Sehubungan dengan banyaknya yang bawa motor maka yang bawa motor harus parkir motornya di belakang bengkel masing-masing.
E. Diumumkan kepada siswa SMK Megaria yang mengendarai motor ke sekolah agar memarkir kendaraannya di halaman belakang bengkel masing-masing.

37. Bacalah ilustrasi berikut dengan cermat!




Kalimat poster yang tidak sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Awas, rokok menguras dompet Anda!
B. Jika merokok jangan harap Anda sehat!
C. Jangan cemari dirimu dengan nikotin!
D. Rokok menjemput kematian secara perlahan!
E. Tutup saja pabrik rokok demi kesehatan!

38. Cermati kalimat poster berikut!



Maksud kalimat poster tersebut adalah …
A. Jangan menggunakan derek liar.
B. Jangan coba-coba derek yang liar.
C. Derek liar akan menganggu kita
D. Kalau ada derek liar kita harus mengatakan tidak.
E. Kita harus melarang derek yang berkeliaran.

39. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!








Ungkapan kendaraan ramah lingkungan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….
A. kereta api
B. kereta angin
C. kereta kuda
D. kereta sorong
E. kereta troli

40. Cermati lirik lagu di bawah in!









Makna ungkapan takkan terikat waktu dalam lirik lagu tersebut adalah ….
A. ingin
B. sadar
C. bebas
D. tegas
E. lepas

41. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!









Peribahasa yang sesuai untuk menggambarakan kondisi Laras dalam ilustrasi tersebut
adalah ...
A. Tambah air tambah sagu.
B. Buruk rupa cermin dibelah.
C. Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan jua.
D. Berguru kepalang ajar bagai bunga kembang tak jadi.
E. Mengharapkan hujan dari langit air di tempayan ditumpahkan

42. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!








Majas yang terdapat pada puisi tersebut adalah .…
A. repetisi
B. metonimia
C. hiperbola
D. metafora
E. eufemisme

43. Bacalah penggalan puisi berikut ini!








Tema puisi di atas adalah...
A. kelaparan
B. kegelisahan
C. ketakutan
D. kesedihan
E. kebuntuan

44. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!







Latar tempat yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah ....
A. ruang kerja
B. lorong RS
C. kamar kerja dokter
D. kamar operasi
E. ruang ICCU

45. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!







Tahapan alur yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah ....
A. pengenalan situasi
B. pengungkapan peristiwa
C. menuju konflik
D. puncak konflik (klimaks)
E. penyelesaian (ending)

46. Bacalah penggalan drama di bawah ini dengan cermat!










Dialog yang sesuai untuk mengisi penggalan drama yang rumpang tersebut adalah …
A. Hari ini sekolah libur, Bu.
B. Tidak, Bu. Saya harus menjaga Ibu.
C. Semoga Ibu lekas sembuh.
D. Ya, Bu. Hari ini saya harus ulangan.
E. Ya, Bu. Saya berangkat sekolah sekarang.

47. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!









Inti penggalan drama tersebut adalah …
A. Perbaikan mobil akan selesai jam 12.00 siang ini.
B. Zaki membantu Kiki untuk menemukan kerusakan mobil.
C. Pak Dibyo datang untuk mengambil mobil yang sudah lama diservis.
D. Mobil akan diambil oleh pemiliknya namun belum selesai diperbaiki.
E. Kiki minta doa agar menemukan kerusakan mobil yang sedang diperbaiki.

48. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!










Watak Ryan dalam novel tersebut adalah…
A. tenang
B. tegas
C. bijaksana
D. jujur
E. pemarah

49. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!







Amanat yang terdapat dalam novel tersebut adalah ...
A. Sebaiknya hiraukan semua bunyi yang terdengar saat kita bertamu.
B. Berbuat baik kepada hewan-hewan peliharaan sangatlah dianjurkan.
C. Markono seharusnya memperhatikan burung peliharaannya agar selalu terawat.
D. Bu Markono seharusnya berkata dengan keras agar didengar suaminya.
E. Jangan terlalu mencintai bunyi burung sehingga melupakan hal yang lebih bermanfaat.

50. Cermati paragraf berikut!








Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah...
A. sosial
B. budaya
C. agama
D. pendidikan
E. ekonomi























NO. KJ N0. KJ NO. KJ NO. KJ NO. KJ
1 B 11 E 21 D 31 C 41 D
2 D 12 E 22 B 32 E 42 A
3 E 13 A 23 A 33 D 43 A
4 B 14 A 24 E 34 A 44 E
5 A 15 E 25 B 35 C 45 C
6 C 16 C 26 D 36 E 46 B
7 A 17 D 27 D 37 E 47 D
8 E 18 C 28 A 38 B 48 B
9 B 19 E 29 B 39 B 49 E
10 C 20 C 30 D 40 C 50 C