blok ini di peruntukan bagi kita semua yang mau peduli dengan bahasa dan budaya bangsa

Rabu, 17 November 2010

HURUF KAPITAL

10 penggunaan huruf kapital

1. Gunakan huruf kapital pada kata pertama dari setiap kalimat.
"Aku" selalu dikapitalisasi, bersama dengan semua kontraksi-nya.
Contoh:
Aku bisa melakukannya.
Aku akan melakukannya besok.
Aku akan melakukannya sekarang.

2. Gunakan huruf kapital pada kata pertama dari kalimat yang dikutip.

Contoh: Dia berkata, "Aku bisa melakukan ini."

3.Gunakan huruf kapital pada kata benda.

Contoh:
Menara Eiffel

Christopher Knight

Biro Investigasi Federal

4. Gunakan huruf kapital pada title/gelar seseorang ketika mendahului nama.

Contoh: Dokter Smith
Perkecualian: Bapak Smith, dokter di rumah sakit, datang untuk memeriksa saya.

5. Gunakan huruf kapital pada setiap judul bila digunakan sebagai alamat langsung.

Contoh: "Bisakah Anda menjawab pertanyaan ini, Senator?"
Jangan gunakan huruf kapital pada nama-nama musim.

6. Gunakan huruf kapital pada penunjukan arah hanya ketika mereka mengacu pada kawasan tertentu.

Contoh:
Saya mempunyai saudara yang berkunjung dari Selatan.
Aku sekumpulan selatan yang menuju ujung blok itu.

Setelah sebuah kalimat diakhiri dengan titik dua, jangan menggunakan huruf kapital pada kata pertama jika dimulai dengan sebuah daftar.

Contoh: Ini adalah makanan favorit saya: ayam, kentang dan roti.

7. Gunakan huruf kapital pada kata pertama dan semua kata-kata dalam judul buku, artikel, karya seni, dll, tidak termasuk preposisi/kata penghubung dan konjungsi.

Contoh: "Pandai Menulis Narasi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar