blok ini di peruntukan bagi kita semua yang mau peduli dengan bahasa dan budaya bangsa

Selasa, 24 Januari 2012

DISKUSI

TAHAPAN DISKUSI Ada dua tahap dalam pelaksanaan diskusi, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan atau penampilan. 1) Tahapan Persiapan a. Tahap persiapan dilaksanakan dengan tujuan memperoleh kesepakatan mengenai hal yang akan dibicarakan. b. Membagikan tugas kepada para calon pembicara atau penyaji jika pembicara lebih dari satu. 2) Tahap Pelaksanaan Ada empat tahap yang harus dilalui dalam pelaksanaan diskusi. a) Pembukaan Pimpinan diskusi mengemukakan pokok masalah yang akan disampaikan dan memperkenalkan calon pembicara. Contoh ucapan moderator: 1. Dalam diskusi kali ini, kita akan membicarakan .... 2. Marilah kita buka diskusi ini dengan membaca/berdoa .... 3. Saya perkenalkan pembicara dalam diskusi ini ialah Saudara ... notulis Saudara .... b) Pelaksanaan diskusi Pemimpin diskusi mempersilakan para pembicara menyampaikan pandangannya. Selanjutnya sanggahan atau dukungan dari pembicara disampaikan sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Contoh ucapan moderator: 1. Saya persilahkan Sdr ... menyajikan makalahnya. Contoh Ucapan penyaji : 1. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan moderator kepada saya untuk .... c) Acara tanya jawab Pemimpin diskusi mempersilakan para pendengar/peserta mengajukan pertanyaan kepada pembicara dipandu oleh pemimpin diskusi, pembicara/penyaji. Contoh ucapan moderator: 1. Saya beri kesempatan 3 orang peserta mengajukan pertanyaan, pendapat atau tanggapannya. 2. Penanya pertama silakan .... 3. Penyaji silahkan memberikan jawaban atau tanggapan balik (peserta yang mengacungkan jari lebih dahulu yang diberikan kesempatan pertama dan bergilir selanjutnya) Contoh ucapan peserta : 1. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan moderator. Pertanyaan saya yaitu .... 2. Tadi saudara pembicara menjelaskan ... menurut pendapat saya .... 3. Saya mohon kepada pembicara pertama untuk menjelaskan.... 4. ... demikian usulan dari saya. Contoh ucapan penyaji: 1. Terima kasih atas pertanyaan Saudara ... dan jawaban saya sebagai berikut ..... 2. Terima kasih atas tanggapan Saudara ..... tentang .... d) Penutup Pembacaan simpulan pembahasan diskusi yang telah berlangsung oleh pemimpin diskusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar