blok ini di peruntukan bagi kita semua yang mau peduli dengan bahasa dan budaya bangsa

Kamis, 11 Agustus 2016

TEKS ANEKDOT

Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot – Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas materi mengenai teks anekdot. Adapun hal-hal yang akan kita bahas meliputi pengertian, ciri-ciri, struktur,tujuan,serta kaidah kebahasaan dari teks anekdot. Hal-hal tersebut akan disajikan dalam bentuk bagian-bagian sebagai berikut: Pada bagian pertama akan dibahas mengenai pengertian dari teks anekdot, bagian ini berguna agar pembaca terlebih dahulu mengetahui serta mengenal apa itu teks anekdot sebelum dilanjutkan ke bagian selanjutnya yaitu ciri-ciri teks anekdot, struktur teks anekdot, tujuan dan terakhir adalah kaidah kebahasaan dari teks anekdot itu sendiri. Pengertian Teks Anekdot Teks anekdot merupakan sebuah karangan cerita atau kisah yang bisa jadi berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu tentang berbagai topik seperti pendidkan, politik, hukum, sindiran, kritikan, dan sebagainya. Dalam teks anekdot itu sendiri, perlu diketahui bahwa teks anekdot tidak hanya berisikan kisah-kisah cerita lucu semata melainkan terdapat juga amanat, pesan moral, serta ungkapan tentang suatu kebenaran secara umum. Ciri-ciri Teks Anekdot Setelah kita mengetahui pengertian dari teks anekdot, teks anekdot juga memiliki ciri-ciri yang dapat berguna sebagai pembeda dari teks-teks lainya. Ciri-ciri tersebut dapat kalian lihat sebagai berikut: 1. Teks anekdot bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan kisah-kisah lucu atau bualan. 2. Bersifat menggelitik, artinya teks anekdot akan membuat pembacanya merasa terhibur dengan kelucuan yang ada dalam teks. 3. Bersifat menyindir 4. Bisa jadi mengenai orang penting 5. Memiliki tujuan tertentu 6. Kisah cerita yang disajikan hampir menyerupai dongeng 7. Menceritakan tentang karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan realistis Struktur Teks Anekdot Teks anekdot juga memiliki struktur-struktur dalam pembentukannya. Struktur teks anekdot antara lain Abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda, dan Re-orientasi. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai tiap bagain struktur kalian bisa simak yang di bawah ini: • Abstraksi, bagian ini terletak pada bagian awal paragraf, pada bagian ini berisikan gamabaran awal tentang isi dari teks anekdot. • Orientasi, pada bagian ini berisikan awal mula, latar belakang terjadinya suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam teks. • Event, berisikan rangkaian peristiwa yang terjadi dalam teks. • Krisis, bagian ini berisikan tentang pemunculan permasalahan yang terjadi dalam teks anekdot. • Reaksi, bagian ini berisikan langkah penyelesaian masalah yang timbul dalam bagian krisis. • Koda, pada bagian ini akan muncul perubahan yang terjadi pada tokoh dalam teks. • Re-orientasi, bagian ini merupakan bagian akhir dari teks sekaligus sebagai penutup dari teks itu sendiri. Tujuan Teks Anekdot Seperti kita ketahui teks anekdot juga memiliki tujuan yang di tujukan untuk pembaca dalam setiap kisah cerita yang ditulis. Tujuan-tujuan tersebut merupakan latar belakang bagi pengarang atau penulis untuk menulis sebuah teks anekdot. Berikut di bawah ini merupakan beberapa tujuan dari penulisan teks anekdot. 1. Untuk membangkitkan tawa bagi pembacanya. 2. Sebagai saran penghibur. 3. Sebagai saran pengkritik. Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot Teks anekdot juga memiliki kaidah kebahasaan tersendiri berbeda dari teks lainnya. Kaidah kebahasaan itu bisa kalian lihat di bawah ini. • Menggunakan kata keterangan waktu lampau • Menggunakan kata penghubung • Terdapat penggunaan kata kerja • Urutan peristiwa berdasarkan waktu • Menggunakan jenis pertanyaan retorik, yaitu kalimat pertanyaan yang tidak mengharuskan untuk dijawab.

43 komentar:

  1. Menurut saya blog ini sangat membantu dalam memberikan informasi tentang pengetahuan pengetahuan, lebih ditingkatkan lagi informasi tentang pengetahuannya

    Nurulita juliana dewi XI AP 2

    BalasHapus
  2. Menurut saya blog ini saya bermanfaat dalam mengerjakan tugas terutama tugas bahasa Indonesia dan saya dapat mengetahui lebih tentang anekdot

    Tamisha Yulvi Zarika XI AP 2

    BalasHapus
  3. Menurut saya blog ini sangat membantu, terimakasih dan semoga dapat memberi informasi yang lebih luas lagi.

    Sulia syifa XI adm.perkantoran 2

    BalasHapus
  4. Menurut saya blog ini sangat bagus, menambah wawasan bagi orang yang membuka nya tentang teks anekdot bagi yang belum mengetahuinya.

    Sabdo warjupi XI AP 2

    BalasHapus
  5. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat dan dapat membantu saya dalam mengerjakan tugas.makasih ya pa

    Fadil Rumpaka XI AP 2

    BalasHapus
  6. Menurut saya artikel ini menambah wawasan tentang anekdot untuk siswa yg belum memahami/kurang memahami. Jadi lebih mudah untuk mengerjakan tugas maupun ulangan

    NADIA FRISKA XI-AK 2

    BalasHapus
  7. Menurut saya blog ini sangat membantu untuk pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa dan siswi dan menambah wawasan dalam belajar.Terimakasih yaa pak

    OKTA WINDIANINGRUM XI AK 2

    BalasHapus
  8. Menurut saya blog ini sangat membantu saya tentang memahami anekdot. Dan saya harap akan ada artikel lain yang bisa membantu saya untuk memahami materi yang lainnya

    Khoerotil Uyun XI-AK 2

    BalasHapus
  9. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat dan dapat membantu siswa dalam pembelajaran, sehingga kita mudah memahami mengenai anekdot. Karena anekdot mempunyai banyak manfaat selain untuk menambah ilmu juga dapat menghibur.
    Dan artikel ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas bahasa indonesia

    Fajar tiyarasari XI ak 2

    BalasHapus
  10. Menurut saya blog ini dapat membantu para siswa dalam menyelesaikan masalah pelajaran. Terutama untuk sayaa dalam menyelesaikan tugas dan memperluas pengetahuan saya.

    Ananda Putri Cahyani X1 Ak 2

    BalasHapus
  11. Menurut saya blog ini sangat bagus untuk para siswa yang ingin memperluas ilmu bahasa indonesia nya dan yang mencari informasi tentang kebahasa indonesiaan

    Robiatul Al adawiyah XI AKUNTANSI 2

    BalasHapus
  12. Menurut saya blog ini sangat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas dan menambah pengetahuan dalam pelajaran bahasa indonesia.

    Indri Septyana Dwi Utari XI Ak 2

    BalasHapus
  13. Blog nya sangat membantu pa


    #anwarhidayat11AK2

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu para siswa, sangat gampang di mengerti isi blognya.Sehingga saya dapat mudah memahami tentang anekdot. Terus menambah artikel tentang pengetahuan ya pa

    Rizky mubarok X PM 1 smkn18

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Menurut saya blog ini sangat membantu saya terutama teks anekdot karena saya blm memahami secara baik teks anekdot yg baik seperti apa

    Rika Utami X pemasaran 1

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. menurut saya, blog ini sangat membantu untuk kita mengetahui lebih jelas tentang anekdot.

    lia siti aulia X pemasaran 1 smkn 18 jakarta

    BalasHapus
  21. Menurut saya blog ini sangat membantu untuk menyelesaikan tugas dan untuk menambah pengetahuan bagi pembacanya. Bagi saya anekdot ini sangat menghibur

    Adhelia fahjrin X pemasaran 1 smkn 18

    BalasHapus
  22. Menurut saya artikel ini sangat membantu dalam mengerjakan tugas dan menambah pengetahuan bagi pembacanya.

    Devya praditya putri
    X pemasaran 1
    SMKN 18

    BalasHapus
  23. menurut saya blog nya sangat bagus dan menarik. bagi saya anekdot ini sangat menghibur bagi pembacanya dan sangat menbantu

    muhamad fikri X pemasaran 1 smkn 18

    BalasHapus
  24. Menurut saya blog ini selain mangajar tetapi blog ini dapat menghibur, karena blog ini bisa untuk belajar dan menghibur khusunya untuk para pelajar.

    Nama :Muhammad irsyad iman
    Kelas: X pemasaran 1

    @smkn18

    BalasHapus
  25. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat dan memudahkan siswa dalam mempelajari tentang teks anekdot

    Anailla Gea Andani X.PM1
    SMKN 18 JKT

    BalasHapus
  26. Menurut saya artikel ini sangat membantu bagi siswa ataupun masyarakat umum yang ingin belajar membuat teks anekdot dengan baik.

    Juanito Butar Butar
    X PM 1 SMKN 18

    BalasHapus
  27. blognya sangat membantu untuk para siswa mengerjakan tugasnya. dan membantu memperluas pengetahuan

    lintang bagus p X pemasaran 1 smkn18

    BalasHapus
  28. Teks Anekdot ini dapat menghibur untuk pembaca dan pendengar.
    Sapto Eka Prasetya
    X PM 1
    SMKN 18 Jakarta

    BalasHapus
  29. Menurut saya blognya tentang anekdot itu bagus dan menarik untuk dibaca para siswa siswi dan sangat terhibur bagi pembaca nya

    Mohamad Zarkasih Noor
    X-PEMASARAN 1

    BalasHapus
  30. Menurut saya blog ini sangat membantu dalam mengerjakan soal yang diberikan dan blog ini juga mudah di pahami.

    Ahmad fiqih hadromi SMKN 18 JAKARTA
    X-PM1

    BalasHapus
  31. Menurut saya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang anekdot. Terutama bagi siswa/i yang kurang atau belum memahami serta memudahkan untuk mengerjakan tugas anekdot terimakasih




    Shafa Tallula Viandra
    X-pemasaran 1

    BalasHapus
  32. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat karna kita dapat mengetahui teks anekdot yang belum kita ketahui.

    Asyifa Zalfa Tsabitah
    X Pemasaran 1
    Smkn 18

    BalasHapus
  33. Menurut saya blog ini sangat membantu bagi siswa siswi mengerjakan tugas mereka dan dapat memperluas wawasan mereka

    Pebri Jasuma X pemasaran 1 smkn18

    BalasHapus
  34. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat terutama bagi siswa yang belum mengetahui dan ingin mempelajari tentang "Anekdot ".

    Teny Goesniati X Pemasaran 1 SMKN 18 JAKARTA

    BalasHapus
  35. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat dalam mengerjakan tugas terutama tugas bahasa Indonesia dan saya dapat mengetahui lebih tentang anekdot dan kita jadi tau apa itu anekdot.

    BalasHapus
  36. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat dalam mengerjakan tugas terutama tugas bahasa Indonesia dan saya dapat mengetahui lebih tentang anekdot dan kita jadi tau apa itu anekdot.
    Nama : Sekar Anggun Puspita Ningrum
    Kelas : X Pemasaran 1
    SMKN 18 Jakarta

    BalasHapus
  37. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk mengetahui lebih jelas apa itu anekdot
    Nama: Safitri Fadillah Efendi
    Kelas: X pemasaran 1
    SMKN 18 jakarta

    BalasHapus
  38. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk mengetahui lebih jelas apa itu anekdot
    Nama: Safitri Fadillah Efendi
    Kelas: X pemasaran 1
    SMKN 18 jakarta

    BalasHapus
  39. Menurut saya blog ini berguna bagi siswa siswi dan dapat menambah wawasan dalam memahami teks anekdot.

    Nama :arjuna rivaldi
    Kelas :X pemasaran 1
    SMKN 18 JAKARTA

    BalasHapus
  40. Menurut saya blok ini sangat membantu siswa dan siswi dalam memahami teks anekdot dan bisa menghibur para pembacanya

    Nama : Galih wibisoni
    Kelas : X PM1
    Sekolah : SMKN 18 JAKARTA

    BalasHapus
  41. Menurut saya blok ini sangat membantu siswa dan siswi dalam memahami teks anekdot dan bisa menghibur para pembacanya

    Nama : Galih wibisoni
    Kelas : X PM1
    Sekolah : SMKN 18 JAKARTA

    BalasHapus
  42. menurut saya,blog ini dapat membantu saya dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru saya.teks anekdot ini dapat menghibur bagi pembacanya dan sekaligus dapat menambah pengetahuan saya tentang teks anekdot



    nama: novi ismiyanti
    kelas: x pm 1
    sekolah : smkn 18 jakarta

    BalasHapus